Home » Berita Terkini » Hadapi Virus Corona, Dekan Himbau Mahasiswa dan Sivitas Akademika FS Agar Tenang dan Perbanyak Ibadah

Hadapi Virus Corona, Dekan Himbau Mahasiswa dan Sivitas Akademika FS Agar Tenang dan Perbanyak Ibadah


dekan

Mata Pena: Menyikapi pandemi virus coronaย (Covid-19) yang saat ini telah menyebar di Indonesia, bahkan sudah merambah sampai Provinsi Lampung, Dekan Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung. Dr. KH Khairuddin Tahmid, MH., mengajak mahasiswa dan sivitas akademika Fakultas Syariah untuk senantiasa berdo’a dan mendekatkan diri (muraqabah) kepada Allah SWT.

Ia juga mengajak kepada sivitas akademika fakultas Syariah untuk memperbanyak taubat dan mohon ampun agar terhindar dari musibah ini.

“Seluruh sivitas akademika Fakultas Syariah agar tetap tenang, bersatu, mengedepankan sikap saling membantu, jangan saling menyalahkan atau berbantahan, terlebih saat bermedia sosial, agar tidak menyebarkan berita atau informasi hoaks atau belum jelas kebenarannya yang frekuensinya semakin bertambah setiap harinya. Semua harus bersama-sama melakukan ikhtiar dan upaya untuk menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus corona, bukannya menambah masalah lainnyaโ€, ujarnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh sivitas akademika harus pro aktif memberikan ketenangan dan ketenteraman melalui tausiyah-tausiyah yang menyejukkan, dan harus berperan menenangkan.

Ia juga mengingatkan, seluruh sivitas akademika harus berbaik sangka kepada kebijakan pimpinan UIN Raden Intan Lampung. “Berbaik sangka dan percaya sepenuhnya kepada kebijakan pimpinan UIN Raden Intan serta mendukung upaya-upaya terkait pencegahan dan penanganan penyebarluasan virus corona di Indonesia, khususnya di wilayah kampus,” tegasnya.

Dekan juga mengajak seluruh sivitas akademika fakultas Syariah agar senantiasa teguh pada pola hidup Islami yakni dengan makanan, minuman, pakaian dan muamalah yang baik demi meraih ridha dan perlindungan Allah SWT.

โ€œHal ini sesuai dengan firman Allah dalam al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 168 yang artinya: Wahai manusia, makanlah apa yang Kami ciptakan di bumi dari segala yang halal yang tidak Kami haramkan dan yang baik-baik. ย  “Selain itu, juga meninggalkan perilaku dzalim dan permusuhan karena bisa jadi musibah ini adalah cara Allah agar manusia semakin mendekatkan diri kepada-Nya,” katanya hari ini, Senin, 16 Maret 2020 melalui pesan singkat WhatApp. (AQZ)