Home » Berita Terkini » HMP HKI Sukses Gelar Pesantren Kilat Virtual dan One Day One Juz

HMP HKI Sukses Gelar Pesantren Kilat Virtual dan One Day One Juz


WhatsApp Image 2021-04-29 at 12.00.19 (2)

Mata pena : Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Hukum Keluarga Islam (HKI) gelar Pesantren kilat Virtual Via zoom meeting yang diadakan selama lima hari selama bulan suci Ramadhan pada Sabtu, 01/05/2021.

Pesantren kilat online ini dimulai terhitung sejak tanggal 1-5 mei 2021 jam 16.30 WIB yang mengusung tema Ramadhan Emas Generasi Berkualitas. Tentunya dengan pemateri yang berbeda setiap harinya, yakni, Dr. Abdul Qodir Zaelani, S.H.I., M.A dengan materi Ramadhan dan Peningkatan Jiwa Filantropis, Dr. Hj. Linda Firdawaty, S.Ag., M.H. dengan materi Eksistensi Hukum Keluarga Islam Di Indonesia, Ahmad Fauzan dengan materi Keluarga Sakinah, Dr. Jayusman, M.Ag. dengan materi Penentuan Awal Ramadhan dan Syawal Dengan Ilmu Falak dan Dr. Agus Hermanto, M.H.I dengan materi Menyambut Lailatul Qadr dan Hari Raya Idul Fitri Di Masa Pandemi.

Dr. Abdul Qodir Zaelani,S.HI.,MA dalam sambutannya mewakili Prodi HKI Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan HMP HKI ini. “Saya ucapkan terima kasih banyak atas kegiatan ini, memang saya akui secara pribadi untuk HMP HKI Koordinasinya bagus, kemudian juga ide-idenya juga bagus. ketika memiliki ide itu langsung diambil kemudian direalisasikan dan ini saya sangat mengapresiasi kepada seluruh jajaran dari pengurus HMP HKI,” ucap sekretaris Prodi HKI tersebut.

“Tentu ini adalah menjadi bagian sejarah yang kita harapkan semoga menjadi ladang ibadah bagi kita semua, apalagi di bulan Ramadan ini semoga ibadah dilipatgandakan oleh Allah SWT. Kemudian kami dari pimpinan menginginkan kegiatan seperti ini terus dilaksanakan bukan hanya di bulan Ramadhon tapi juga di luar bulan Ramadhan,” tambahnya.

mahasiswa antusias mengikuti pesantren kilat virtual

Sementara itu, tujuan diadakannya kegiatan ini sendiri adalah mengajak mahasiswa agar produktif di bulan ramadhan meskipun masih dalam masa pandemi, Hal ini disampaikan Niza Nur Azizah selaku ketua HMP HKI.

Niza juga berharap semoga seluruh peserta dapat mengikuti pesantren kilat virtual dengan baik hingga hari terakhir.
“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini kita semua mendapatkan ramadhan yang berkah, ramadhan emas, sehingga terciptalah mahasiswa khususnya HKI sebagai generasi yang berkualitas,” sambung Niza

Sebelumnya juga, dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, HMP Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Selenggarakan ONE DAY ONE JUZ mulai Selasa, 13 April 2021 sampai akhir Ramadhan.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menambah amal di bulan ramadhan dan menambah kecintaan mahasiswa Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah terhadap al-qur’an.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menambah amalan dan pahala di bulan Ramadhan. Supaya kita semua terlatih kemudian terbiasa mengaji Al-quran,” kata Niza selaku Ketua HMP HKI.

Dengan menggunakan mekanisme pelaporan melalui grup wa, kegiatan ini diikuti oleh 33 mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah terdiri dari 17 peserta laki-laki dan 16 peserta perempuan.

“Harapan saya, semoga kita semua bisa menjadikan Alquran sebagai sahabat terbaik kita. Karena semakin lama kita menghabiskan waktu bersama Alquran, ia akan semakin menghormati kita, memberitahu kita rahasianya dan mengangkat derajat kita,” sambung Niza. (Manda & Chelsea)