Home » Berita Terkini » HMJ Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Adakan Ngaji Kitab Online

HMJ Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Adakan Ngaji Kitab Online


WhatsApp Image 2020-04-04 at 22.09.38 (1)

Mata Pena: Himpunan  Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung mengadakan ngaji kitab online Ta’lim Al-Muta’allim bersama sekretaris jurusan Hukum Keluarga Islam, Abdul Qodir Zaelani, MA.

Kitab Ta’lim al-Muta’allim ila Thariqah al-Ta’allum yang lebih dikenal dengan nama Ta’lim Muta’allim, adalah karya Syekh Burhanuddin al-Zarnuji. Di dalam kitab ini, al-Zarnuji menjelaskan tentang metode belajar yang baik. Ia membagi kitabnya dalam 13 bab, yang semuanya demi agar dapat memperoleh ilmu dengan baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Ngaji kitab online Ta’lim Al Muta’allim ini diadakan setiap malam Ahad dan telah berjalan dua kali dengan peserta khusus mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam.

WhatsApp Image 2020-04-04 at 22.09.38

Ketua HMJ Hukum Keluarga Islam, Hendri mengatakan bahwa ngaji kitab ini merupakan rencana kegiatan mingguan namun karena keadaan, adanya wabah Virus Corona yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan dengan berkumpul maka ngaji kitab tetap dilakukan secara online.

“Ngaji kitab ini memang rencanya kegiatan mingguan dari HMJ untuk mahasiswa Hukum Keluarga khususnya, tetapi melihat kondisi kita seperti ini akhirnya tidak bisa berjalan seperti yang kami harapkan dan akhirnya ada masukan dari sekjur pak AQZ untuk diadakan online menggunakan aplikasi zoom agar kegiatannya bisa berjalan,” ujarnya saat ditanya via WhatsApp, Minggu (05/04/2020).

Hendri menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ngaji kitab ini untuk menambah wawasan, walaupun saat ini sedang dihadapkan dengan virus corona yang harus tetap di rumah.

“Jadi itu bukan suatu alasan bagi kita untuk tidak menambah wawasan kita, masih banyak cara yang bisa kita lakukan salah satunya ngaji online ini,” katanya. (Hanivah)